Minggu, 20 November 2016

ANALISA JURNAL IDENTIFIKASI KEMATANGAN BUAH TOMAT MENGGUNAKAN METODA BACKPROPAGATION

| |

ANALISA JURNAL :

1.      Judul Jurnal : IDENTIFIKASI KEMATANGAN BUAH TOMAT MENGGUNAKAN METODA BACKPROPAGATION
2.      Kata kunci : Tomat, Histogram Warna, Jaringan Syaraf Tiruan, Backpropagation
3.     Penulis Jurnal :
·         Dila Deswari, Derisma ,MT Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas
·         Hendrick , MT. Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Padang

   4.      Latar Belakang
Cara mengidentifikasi dan mendeteksi kematangan buah yang dilakukan di rumah kaca masih banyak menggunakan cara manual. Cara manual dilakukan berdasarkan pengamatan visual secara langsung pada buah yang akan diklasifikasi. Kelemahan pengklasifikasian manual sangat dipengaruhi subjektifitas operator sortir sehingga pada kondisi tertentu tidak konsisten proses pengklasifikasiannya. Perkembangan teknologi informasi memungkinkan identifikasi buah berdasarkan ciri warna dengan bantuan komputer. Cara komputasi ini dilakukan dengan pengamatan visual tidak langsung dengan menggunakan kamera sebagai pengolah citra dari gambar yang direkam (image processing) untuk kemudian diolah dengan menggunakan perangkat lunak komputer
5.      Tujuan penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan sebuah perangkat lunak (software) untuk melakukan pengenalan atau identifikasi tingkat kematangan buah tomat berdasarkan warna.
6.      Metodologi penelitian
Pada penelitian ini penulis melalui beberapa tahap yaitu Studi Literatur, Pra proses meliputi me-capture buah tomat oleh webcam, yang akan mengalami image processing yaitu proses histogram warna, Proses Identifikasi Kematangan Buah Tomat yang meliputi, perancangan arsitektur Backpropagation, perancangan software dan perancangan mekanik.
7.      Hasil penelitian
Hasil yang didapat melewati beberapa tahapan pula. Pada pemrosesan awal dilakukan dengan beberapa kali pengambilan data histogram untuk buat tomat yang memeiliki kematangan yang berbeda. Pada proses training backpropagation menggunakan 3 sampel pola data yang mencirikan masing-masing tingkat kematangan buah tomat. Dan yang terakhir adalah proses identifikasi. Data yang diambil dari 20 tomat merah (diharapkan masak), 20 tomat hijau(muda) dan 20 tomat campur (setengah masak) yang teridetifikasi adalah 17 tomat merah, 9 tomat hijau dan 17 tomat campur. Maka dapat dirumuskan tingkat identifikasi buah tomat secara keseluruhan adalah 71,67%.
8.      Kelemahan yang terdapat pada jurnal
·         Penelitian pada tomat hijau masih belum teridentifikasi dengan baik
·         Penelitian masih bergantung pada satu jenis tomat, sepert yang kita ketahui tomat memiliki beberapa jenis, sepert tomat cherry, tomat hijau, tomat pear (warna kuning) dan lain-lain, dimana tingkat kematangan tomat di dasarkan warna yang berbeda-beda
·         Penelitian ini masih melakukan pengambilan gambar dengan cara satu persatu yang menurut saya kurang efektif.
9.      Kelebihan yang terdapat pada jurnal
·         Penelitian ini menghasilkan sebuah perangkat lunak yang dapat mempermudah konsumen, perusahaan pertanian dan distributor bahan makanan.
·         Dengan alat-alat yang sederhana dapat membuat alat yang dapat menggantikan fungsi manusia dalam mengidentifikasi.
·         Menggunakan metode backpropagation yang dapat meningkatkan tingkat sensitivitas alat dalam mengidentifikasi.
10.  Manfaat penelitian yang di dapat pada jurnal ini, yaitu :
·         Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan dalam skala besar sehingga perusahaan pertanian dapat memanfaatkan alat ini untuk membantu para petani dalam mengidentifikasi kematangan tomat.
·         Diharapkan penelitian ini dapat digunakan dalam penyeleksian distribusi tomat dalam skala yang besar.


Sumber :
Dila Deswari, Derisma ,MT dan Hendrick , MT. IDENTIFIKASI KEMATANGAN BUAH TOMAT MENGGUNAKAN METODA BACKPROPAGATION. Padang : Univeritas Andalas dan Politeknik Negeri Padang


analis :
Clara Arabella
12114450
3KA01
Universitas Gunadarma


0 comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Followers

About

UNIVERSITAS GUNADARMA

UNIVERSITAS GUNADARMA
CLARA ARABELLA 12114450

Instagram

Search in this blog

Clara Arabella. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©