Minggu, 24 Oktober 2010

Rahasia sang waktu

| |

Rahasia sang waktu

Ada apasih dengan waktu? Kenapa harus maen rahasia-rahasiaan segala? Emangnya apa sih istimewanya waktu. Jawabannya sih tergantung. Tiap tiap orang punya definisi yang beda-beda dengan kosakata waktu ini.
Umumnya remaja seusia kamu gak terlalu mikir pentingnya waktu. Eitss… jangan protes dulu, liat ajatuh banyak [elajar yang nongkrong depan sekolah abis jam pelajaran usai. Belum lagi banyak yang cuci mata di mal-mal. Atao ngegosip ngudal ngidul di pojokan kantin. Ngaku aja deh nggak usah pake senyum-senyum gitu . belum lagi anekdot konyol tapi bisa bikin kita time_clock.jpgtersenyum yang sering dijadikan hiasan kaos oblong “muda hura-hura, tua kayaraya, mati masuk surga”
Biarpun Cuma becandaan, tapi dari situ kita bisa liat mental yang banyak di anut selama ini. Biasanya pula Cuma itu yang mampu dilakukan, mimpi dan terus bermimpi. Hidup enak tanpa mau menghargai sang waktu. Biasanya menimpa remaja-remaja yang miskin konsep dan nggak ngerti tujuan mereka hidup tuh mau ngapain.
What’s time?
Kalo kamu udahh dapet jawaban apasih waktu itu, maka kamu pasti nggak akan mau menyia-nyiakan waktu yang kamu punya. Wkatu sekalai berlalu gak bisa terulang lagi, cukup sekali. Coba kamu hitung, udah berapa lama kamu hidup?  Dan berapa tahun lagi kamu hidup di dunia ini. Seratus?seribu tahun? Enggak lagi !. umur Rasulullah yang 63 th kita jadiin patokan kita. Dengan bayangan garis finish ini kamu jadi punya bayangan tinggal berapa umur kamu.
Imam Ghazali pernah bilang kalo manusia yang umurnya 60. Sama aja dia hu=idup 40 taon. Coba itung kita tidur 8 jam sehari berarti 1/3 dari hidup kita buat tidur ? benerkan? Tapi buakn tidur ga penting loh ! suapa badan kita terjaga untuk bekal di kehidupan kelak.
Nah berapa tahun kamu udah tidur selama ini? Dan berapa sisa umur kamu ? apa kamu suka pake buat hal2 yang positive? Or, kamu lebih suka foya2 ? Cuma kamu yang bisa jawab dengan jujur.
Bagi seorang muslim kita harus punya motto waktu adalah lahan amal bagi kita, gak ada yang tau besok bakal terjadi apa2. Masa’ sih waktu yang datangnya sekali ini kita habisin buat foya2 doang? Yang gak puguh buat masa depan kita.
Manajemen waktu
Mumpung masih muda jangan sia sia in waktu kamu. Mungkin udah sering kalian denger nasehat kaya gini. Tapi yakin deh gak semua dari kalian ngerti maksudnya. Bentuk konkret nyata jauh dari benak. Apalagi kalo dibandingkan dengan masa mudanya Cuma sekedar buat hura-hura, dan numpang idup doing. Naudzubillah.
Manajemen waktu adalah. Keterampilan mengatur waktu aga r berhasil mencapai cita2. Biasanya orang2 yang sukses di dunia ini gak ada ceritanya teledor tentang waktu. Sebutlah Thomas alva Edison. Doi menghargai setiap detik yang berjalan untuk melakukan percobaan2 ilmiah. Seandainya doi punya motto kaya remaja macam sekarang. Pasti kita bakal idup gelap2an.
Lalu ada Ibnu Sina yang di barat terkenal dengan nama Avicenna. Pada umur 17 tahun beliau belajar kedokteran dan setahun kemudian udah jadi dokter. Pada usia ke 21 buku satu perpus terbesar dan terkenal pada zamannya itu udah dilahap habis. Hmm asik juga kalo kita kaya gitu yaa..
Setiap orang di dunia ini punya cita2. Kamu juga. Entah mau jadi apa. Gak ada yang mau jadi belangsak kere dsb. Masalahanya, gak semua orang  tau cara biar sukses. Bukan hanya di dunia tapi di akherat juga. Padahal kuncinya adalah mengatur waktu  dan memaksimalkan waktu yang ada.
Manfaat mengatur waktu
Kenapa kita harus memaksimalkan waktu kita buat bekal di akherat sih? Pertanyaan bagus kalo ada yang mikir kaya gini, semua yang bernyawa itu pasti mati, saya, kamu , mereka, kita semua. Ketika kamu memahami bahwa hidup di dunia ini dan pengumpulan bekal untuk kehidupan abadi. Maka kamu pasti nggak mau kehabisan bekal buat di akherat.
 Banyak hal yang kamu dapatkan dari keterampilan mengatur ini. Pertama kamu jadi semangat menjalani hidup. Gimana enggak, kalo semua pr udah kamu kerjain. Kamu gak bakal was-was bakal maju ke depan kelas.
Kedua kamu bisa hidup selaras dan seimbang. Kamu tahu kapan saat sekolah, main2 , bantuin ortu ngaji, dan kewajiban kamu sebagai muslim. Ketiga kita dapat merencanakan tujuan hidup or cita2 kamu. Ke empat selalu termotivasi akan cita2 kamu. Keliama kita bisa lebih produktif karena kamu udah tau ruginya kita nyia-nyiain waktu. Ke enam kita bisa terhindar dari strees karena nggak bakal melakukan kegiatan yang ga puguh . dan terakhir kita jadi lebih PD dan kreatif.
Yakin deh kalo kamu bener2 bisa ngatur waktu, kunci kesuksesan udah ada ditangan kamu. Itu sebabnya, yuk upaya yang keras dan juga diiringi doa , serta yakin bahwa allah pasti memberikanmu yang terbaik. Yakin aja !

0 comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Followers

About

UNIVERSITAS GUNADARMA

UNIVERSITAS GUNADARMA
CLARA ARABELLA 12114450

Instagram

Search in this blog

Clara Arabella. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©